Ini Rekor-Rekor yang Diukir Rossi di Assen - Dewa Kompas Blog
Headlines News :
Home » » Ini Rekor-Rekor yang Diukir Rossi di Assen

Ini Rekor-Rekor yang Diukir Rossi di Assen

Written By Unknown on Thursday, July 11, 2013 | 1:09 PM


SAXONY - Setelah menjalani dua musim yang mengecewakan -tak pernah menang- bersama Ducati, Valentino Rossi akhirnya kembali bergabung dengan tim yang sudah begitu lekat dengan namanya, Yamaha. Dengan mengendarai motor berlogo garpu tala tersebut, kehebatan The Doctor dipercaya akan kembali.

Sempat mengejutkan dengan finis kedua pada balapan pembuka musim ini di Losail, Rossi kemudian gagal meraih podium pada lima perlombaan berikutnya. Namun, pada seri ketujuh di sirkuit Assen, Belanda, The Doctor membungkam orang-orang yang mengkritiknya dengan finis di urutan pertama.

Pada kemenangan ke-80 nya itu, juara dunia tujuh kali di kelas utama tersebut menorehkan beberapa rekor. Sebagaimana dilansir Crash, Kamis (11/7/2013), berikut rekor-rekor yang diukir The Doctor di sirkuit Assen:

1. Rossi merupakan pembalap yang meraih kemenangan terpanjang di kelas utama. Kemenangan pertama The Doctor diraih di Donington Park pada 2000, atau 12 tahun 355 hari sebelum dirinya menang di Assen lalu. Dia mematahkan rekor miliki Alex Barros, yang meraih kemenangan dalam 11 tahun 204 hari masa kariernya.

2. Kemenangan di Assen membuatnya telah memenangi lima motor berbeda di kelas utama: Honda 500cc, Honda 990cc, Yamaha 990cc, Yamaha 800cc, dan Yamaha 1000cc.

3. Kemenangan Rossi di Assen mengakhiri rentetan 44 lomba tanpa meraih podium utama. Sebelum terukirnya catatan tersebut, Rossi pernah tak pernah menang dalam sembilan start (berturut-turut) di kelas utama, yaitu pada musim 2010.

4. Selain itu, kemenangan Rossi juga mengakhiri catatan tak ada pembalap Italia yang memenangi kelas utama pada 44 perlombaan terakhir. Sebelumnya, 62 balapan tanpa adanya kemenangan oleh pembalap Italia diakhiri oleh Luca Cadalora pada 1993.

5. Kemenangan di Assen membuat Rossi total telah mengumpulkan 4646 poin sepanjang kariernya di grand prix.

6. Rossi, 34 tahun 4 bulan, kini menjadi pembalap keempat tertua yang memenangi MotoGP di era 4 tak (sejak 2002), setelah Troy Bayliss (37 tahun), Alex Barros (34 tahun 6 bulan), dan Loris Capirossi (34 tahun 5 bulan).
(dit

Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Dewa Kompas | Kakakdewa Blog | Kakakdewa Group
Proudly powered by Dewa Company
Copyright © 2013. Dewa Kompas Blog - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by KAKAKDEWA GROUP