Neuer Lebih dari Sekadar Garda Mistar (Bagian II -Habis) - Dewa Kompas Blog
Headlines News :
Home » » Neuer Lebih dari Sekadar Garda Mistar (Bagian II -Habis)

Neuer Lebih dari Sekadar Garda Mistar (Bagian II -Habis)

Written By Unknown on Tuesday, June 4, 2013 | 12:54 PM


MUNICH – Dibarengi dengan kebangkitan sepakbola Jerman di ranah Eropa, nama Manuel Neuer jadi bahan pembicaraan hangat sebagai salah satu penghuni bawah mistar terbaik dunia. Skill-nya dipenuhi attribute lumayan lengkap macam refleks hingga shot-stopping jempolan.

Seperti yang sempat di bahas dalam artikel pendahulu, Neuer punya 10 hal sebagai penopang statusnya ke jajaran kiper elit dunia. Di bagian pertama, Neuer dihiasi lima hal pertama yang membuatnya dikatakan bukan sekadar kiper biasa. Berikut lima hal lainnya, seperti yang dirangkum Bundesliga.com, Selasa (4/6/2013).

Perkembangan Pesat
Sejak menggantikan Rost di garda terbelakang The Royal Blues, Neuer sadar kesempatannya tak banyak. Latihannya secara pribadi ditambah demi melesatkan perkembangannya bak meteor. 18 clean sheet sukses dikoleksinya pada musim perdana sebagai kiper utama dan dikenal sebagai kiper muda berpotensi paling besar.

Hijrah dari Ruhr ke Bavaria (Bayern Munich)
Walau sempat diganggu cedera retak metatarsal pada musim 2008/09, Neuer kembali dengan penampilan lebih tangguh mengawal gawang Die Knappen. Tim nasional pun meliriknya untuk diproyeksikan sebagai kiper utama masa depan. Tak menunggu lama, Neuer langsung dimasukkan ke dalam best XI Jerman di Piala Dunia 2010. Namanya pun go-international hingga akhirnya dibajak raksasa Bavaria – Bayern Munich pada 2011 silam.

Kontroversi
Penampilan ciamik di atas lapangan, tak lengkap jika tak pula mendatangkan sorotan dari luar lapangan. Mungkin kontroversi terbesarnya terjadi saat masa transisi setelah Neuer memilih hengkang ke Bayern. Awalnya, sebagian besar fans Schalke murka dan hingga kini, sebagian kecil dari mereka masih memendam benci sampai mati lantaran Neuer memilih pergi ke salah satu tim seteru mereka dari Bavaria itu.

Goresan Rekor
Merampungkan musim pertamanya bersama Die Rote Teufel, Neuer mencatatkan 22 kali kejebolan dalam 34 penampilannya di Bundesliga. Antiklimaksnya terjadi saat Bayern juga hanya berkalung status runner-up di tiga kancah berbeda. Tapi rekor mulai digoreskannya musim 2012-2013 dengan hanya kemasukan 18 gol serta raihan 21 kali clean-sheet. Terbaik di Bundesliga selama ini.

Penguasaan Wilayah
Di areanya sendiri – kotak penalti dan terutama gawang, Neuer merupakan satu sosok “Die Hard” alias sulit ditaklukkan. Tak hanya terhadap serangan normal, tapi juga “bola-bola mati”, termasuk lima penyelamatan tendangan penalti musim 2012-13. Musim lalu, Neuer menghentikan tiga algojo Real Madrid di semifinal Liga Champions namun ironisnya, Bayern tetap kalah atas Chelsea di final – juga dari adu penalti.

Dedikasi di Luar Lapangan
Setiap pelakon olah bola dirasa punya sisi humanis dan sikap peduli terhadap sesama di luar lapangan. Tapi tak semua bisa mewujudkannya dengan bukti nyata. Neuer adalah salah satu pribadi yang peduli dengan tindakan nyata berbekal berdirinya Yayasan anak Manuel Neuer. Langkah kecilnya berawal dari kota kelahirannya sendiri.

“Saya ingin memberi kebahagiaan untuk anak-anak yang kurang beruntung di tempat kelahiran saya sendiri. Masa kecil saya cukup beruntung dengan berlimpah kesempatan dan prospek dalam hidup saya,” tuntas kiper yang mengidolakan Jens Lehmann tersebut.
(dit

Share this article :

0 comments :

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Dewa Kompas | Kakakdewa Blog | Kakakdewa Group
Proudly powered by Dewa Company
Copyright © 2013. Dewa Kompas Blog - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by KAKAKDEWA GROUP